http://kupaslagu.wapka.mobi/site_download.xhtml?cmid=31010468?get-title=Flashlight

Senin, 09 November 2015

#SIP Computer Based Information System (CBIS)

Sumber google.co.id


Menurut Sihete (2014), Computer Based Information System atau sering disebut juga sistem informasi berbasis komputer, merupakan sistem pengolahan data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan. sistem informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer. sedangkan menurut Wahyono (2003), Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem pengolahan data yang dapat mejadikan data sebagai sebuah informasi yang berkualitas dan dapat digunakan sebagao alat bantu untuk pengambilan keputusan. Data, informasi, sistem informasi dan “basis komputer” sebagai kata kunci adalah istilah-istilah yang seringkali berkaitan dengan CBIS. berikut ini adalah pembahasan mengenai data, informasi, sistem informasi dan basis komputer.

Data
Data merupakan bahan buku informasi, dapat didefinisikam sebagai suatu kelompok teatur simbol-simbol yang mewakili kuantitas, tindakan, fakta, benda, dsb. data disusn mulai dari bits, bytes, field, record dan database.

Informasi
informasi merupakan salah satu sumber data dalam suatu organisasi yang diguanakan sebagai pengambilan keputusan. (Kadir & Triwahyuni, 2014), infromasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya. (Hutahaen, 2014). Menurut Gordon B. Davis (dalam Hutahaen, 2014) informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai nyata atau yang dapat dirasakan dalama keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang.
berdasarkan definisi diatas maka dapat disimpulkan bahwa infromasi adalah suatu pengolahan data yang dapat berguna bagi penerima informasi dan dapat menjadi bahan keputusan.
Sistem Informasi
menurut Alter (dalam Kadir & Wahyuni, 2014) sistem informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi. sedangkan menurut Huahean (2014), sistem informasi adalah suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dalam suatu organisasi dan menyediakan pihak kuar tertentu dengan laporan-laporan yang dibutuhkan.
            berdasarkan definisi diatas maka dapat disimpulkan bahwa sistem infromasi adalah pengolahan data yang memiliki prosedur kerja agar tercapainya suatu tujuan didalam organisasi.

Berbasis Komputer
Sistem berbasis komputer memiliki peranan yang penting dalam sebuah sistem informasi. secara teori, penerapan sistem informasi tidak selalu mengguanakan komputer dalam berbagai kegiatannya. namun, pada prakteknya pengunaan komputer dapat menjadikan sesuatu yang kompleks menjadi lebih sederhana dan membuatnya menjadi akurat dan efektif, dengan basis komputer.




SUMBER
Hutahaean, J. (2014). Konsep sistem informasi. Yogyakarta : Deepublish
Kadir, A. & Triwahyuni T.C. (2014). Pengantar teknologi informasi edisi revisi. Yogyakarta : Andi Yogyakarta
Laudon, J. P., & Laudon, K.C. (2007). Management information system, 10th ed.New Jersey : Pearson Education
Mushin, A.  & Supriyanto, W. (2008). Teknologi informasi perpustakaan. Yogyakarta : Penerbit Kanisius
Sihete, C. 2014. Sistem Informasi Berbasis Web SLTP ST. Lucia Doloksanggul. Universitas Sumatera Utara.http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/42080/4/Chapter%20II.pdf diakases pada tanggal 9 November 2015.
Wahyono, T. (2003). Computer based information system (CBIS). Kuliah Berseri IlmuKomputer.com, 1, 1-5.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar