http://kupaslagu.wapka.mobi/site_download.xhtml?cmid=31010468?get-title=Flashlight

Minggu, 11 Oktober 2015

#SIP-Informasi dan Sistem Informasi Psikologi




Kali ini saya akan membahas mengenai sistem informasi psikologi (SIP). Mungkin kata system informasi sudah tidak asing lagi di telinga kita, namun masih banyak yang belum mengetahui dengan pasti apa definisi dan fungsinya system informasi psikologi itu sendiri. Disini sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian dari sistem, informasi dan psikologi.

Pengertian informasi?
Informasi dapat didefinisikan sebagai hasil pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event) yang nyata (fact) yang digunakan untuk pengambilan keputusan.
Menurut Chr. Jimmy. L. Goal (2008), informasi adalah segala sesuatu keterangan yang bermanfaat untuk para pengambil keputusan/manajer dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang sudah ditetapkan sebelumnya.
Adapun menurut Hendi Haryadi (2009), informasi didefinisikan sebagai hasil pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan kejadia-kejadian yang nyata yang gunanya untuk pengambilan keputusan.
Berdasarkan beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa informasi merupakan hasil dari pengolahan data yang memiliki arti bagi penerima dan dapat bermanfaat untuk manusia, serta menggambarkan kejadian-kejadian nyata yang gunanya untuk pengambilan keputusan.
Pengertian Sistem
Menurut Ida Nuraida (2008), system adalah kumpulan komponen dimana masing-masing komponen memiliki fungsi yang saling berinteraksi dan saling bergantung serta memiliki satu kesatuan yang utuh untuk bekerja mencapai tujuan tertentu.
Menurut Hanif Al Fatta (2007), system dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur atau variable-variabel yang saling terorganisasi, saling berinteraksi dan saling bergantung antara satu dengan yang lainnya.
Berdasarkan definisi diatas maka dapat disimpulkan bahwa system merupakan kumpulan komponen dan setiap komponen memiliki fungsi yang saling berinteraksi, serta memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnnya sehingga mampu mencapai sebuah tujuan.
Pengertian Sistem Informasi
Menurut Irene Joos, dkk (2009), sistem informasi adalah suatu system yang memiliki tujuan sendiri untuk menghasilkan informasi dengan menggunakan sistem input/proses/output.
Menurut Kusrini & Andri kaniyo (2007), sistem informasi adalah sebuah system yang terdiri atas rangkaian subsistem informasi terhadap pengolahan data untuk menghasilkan informasi berguna dalam pengambilan keputusan.
Komponen-komponen sistem informasi:
1.     Perangkat keras (hardware), mencakup peranti-paeranti fisik seperti komputer dan printer
2.     Perangkat lunak (software) atau program, sekumpulan intruksi yang memungkinkan perangkat keras untuk dapat memproses data.
3.     Prosedur, sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data dan pembangkitan keluaran yang dikehendaki.
4.     Basis data (database), sekumpulan table, hubungan, dan lain-lain yang berkaitan dengan penyimpanan data.
5.     Jaringan komputer dan data system penghubung yang memungkinkan sesumber (resources) dipakai secara bersama atau diakses oleh sejumlah pemakai.
Pengertian Psikologi
Menurut Widjono (2007) psikologi berasal dari kata psyche yang berarti jiwa, dan logos berarti ilmu, psikologi adalah ilmu jiwa.
Menurut Heru Basuki (2008), psikologi adalah ilmu pengetahuan (ilmiah) yang mempelajari perilaku, sebagai manifestasi dari kesadaran proses mental, aktivitas motoric, kognitif juga emosional.
Berdasarkan definisi di atas dapat disimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia dan proses-proses mentalnya.
Berdasarkan beberapa pengertian dari beberapa tokoh diatas mengenai informasi, sistem, system informasi dan psikologi maka dapat di tarik kesimpulan bahwa sistem informasi psikologi adalah suatu bidang kajian ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara ilmu psikologi itu sendiir dalam kaitannya dengan penggunaan komputer dan aplikasinya yang memiliki tujuan untuk menghasilkan informasi-informasi yang berkaitan dengan psikologi yang dapat bermanfaat bagi setiap penggunanya. 

Basuki, A.M.H. (2008). Psikologi Umum. Depok: Universitas Gunadarma
Fatta, H.A. (2007). Analisis dan perancangan sistem informasi. Yogyakarta: Andi. (Google Book)
Gaol, C.J.L. (2008). Sistem informasi manajemen. Jakarta: Grasindo. (Google Book)
Gulo, D. (1982). Kamus psychology. Universitas Michigan: Tonis
Hariadi, H. (2009). Administrasi perkantoran. Jakarta: Visi media
Kusrini & Kanio, A. (2007). Tuntunan praktis membangun sistem informasi akuntansi dengan visual basic dan microsoft SQL server. Yogyakarta: Kanisius

Tidak ada komentar:

Posting Komentar