http://kupaslagu.wapka.mobi/site_download.xhtml?cmid=31010468?get-title=Flashlight

Senin, 09 November 2015

#SIP Evolusi Computer Based Information System (CBIS)


sumber google co.id


Menurut Saliman, dalam beberapa hal nilai CBIS dapat dipertimbangkan dari siklus CBIS. Tiap subsistem CBIS menyerupai suatu organisme hidup yaitu : lahir, bertumbuh, menjadi matang , berfungsi, dan akhirnya mati. proses evolusi ini disebut juga siklus hidup sistem (system life cycle-SLC), dan terdiri dari tahap-tahap seperti berikut: Perencanaan, Analisis, Rancangan, Penerapan, dan Penggunaan.
Siklus hidup suatu sistem berbasis komputer mungkin hanya berlangsung beberapa bulan, atau mungkin berlangsung beberapa tahun, sehingga dapat dikatakan bahwa CBIS mempunyai biaya yang tinggi. Cepat atau lambat, sifat dinamis kebutuhan informasi akan melampaui kemampuan sistem informasi, sehingga sistem itu harus diperbarui. Tahap-tahap siklus hidup sistem membentuk suatu pola lingkaran. Saat suatu sistem berakhir masa kegunaannya dan harus diganti, suatu siklus hidup baru dimulai, diawali dengan tahap perencanaan.
Walau banyak orang mungkin menyumbangkan keahlian khusus mereka untuk pengembangan sistem berbasis komputer, pemakailah yang bertanggung  jawab atas siklus hidup sistem. Sesuai dengan penekanan pada manajer sebagai pemakai, tanggung jawab untuk mengelola CBIS ditugaskan pada manajer. Manajer ini adalah manajer dari unit organisasi tempat diaplikasikannya komputer dan dapat ditempatkan di mana saja di dalam perusahaan.
Usaha penerapan komputer dalam bidang bisnis terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi. Tahapan perkembangan tersebut yaitu :

Fokus Pada Awal Data (Electronic Data System)
Pengolahan data menggunakan komputer dikenal juga dengan istilah pengolahan data elektronik (PED) atau electronic data processing (EDP). Contoh lain dari EDP adalah berfokus pada data, membuat proses transaksi yang efesien agar dapat mengintegrasi file-file dari pekerjaan sejenis dan membuat ringkasan untuk laporan bagi manajemen.
Fokus Pada Informasi (Management Information System)
Seiring dengan diperkenalkannya generasi baru alat penghitung yang memungkinkan pemrosesannya lebih banyak. Hal tersebut dioerientasikan untuk kosep penggunaan komputer sebagai sistem informasi manajemen (SIM), yang berarti bahwa aplikasi komputer harus diterapkan dengan tujuan utama untuk menghasilkan informasi manajemen.
Fokus Pada Otomatisasi Kantor
Sistem otomatisasi kantor adalah penggunaan sistem komputer untuk meningkatkan produktivitas pekerja kantor. contoh : software pengolah kata, sistem manajemen berbasis data, program spreadsheet, dan sistem desktop publishing.
Fokus Pada Ahli Pakar (Expert System)
ahli pakar (expert system) adalah sistem yang yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Expert system lebih berpusat pada bagimana menkodekan dan memanipulasi pengetahuan dari informasi. adapun cara kerjanya sebagai berikut.
§ Pengguna dapat berkomunikasi dengan sistem menggunakan dialog interaktif
§ Expert System menanyakan pertanyaan dan pengguna memberikan jawaban
§ jawaban digunakan untuk menentukan aturan mana yang dipakai dan Expert System menyediakan rekomendasi berdasarkan aturan yang telah disimpan.
§ seorang knowledge engineer bertanggung jawab pada bagaimana melakukan akuisi pengetahuan, sama seperti seorang analisis tetapi dilatih menggunakan teknik yang berbeda.



SUMBER
Fatta, H. A. (2007). Analisis dan perancangan sistem infrormasi untuk keunggulan bersaing perusaan dan organisasi modern. Yogyakarta : Penerbit ANDI
Hall, J. A. (2004). Sistem informasi akuntansi. Jakarta : Salemba Empat
Pusandan, M. Y. (2014). Pemrograman matlab pada sistem pakar fuzzy. Yogyakarta : Deepublish
Saliman. Sistem Informasi Berbasis Komputer (CBIS).http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Saliman,%20Drs.%20M.Pd./CBIS.pdf. Diakses pada tanggal 9 November 2015
Ukar, K. (2006). Pengenalan komputer. Jakarta : PT Elex Media Komputindo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar