http://kupaslagu.wapka.mobi/site_download.xhtml?cmid=31010468?get-title=Flashlight

Minggu, 11 Oktober 2015

#SIP-ETIKA MENULIS BLOG/ONLINE




Pada zaman sekarang banyak artikel-artikel atau berita-berita yang dimuat di media online. Banyaknya orang yang dapat dengan mudah mengakses informasi terbaru dan teruptudate . Menurut Sumadiria (2004), artikel adalah tulisan yang berisi opini seseorang yang mengupas tuntas suatu masalah tertentu yang sifatnya aktual dan kadang-kadang kontroversial dengan tujuan untuk memberi tahu (informatif), mempengaruhi, meyakini (persuasive argumentatif), dan menghibur khalayak pembaca.
Tulisan merupakan media untuk mengkomunikasikan gagasan kepada orang lain. Kesalahan dalam mengirim pesan dapat membuat tulisan menjadi tidak sampai kepada pembacanya.
Kata etik (etika) berasal dari kata ethos (bahasa yunani) yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat.Etika berkaitan dengan konsep yang dimiliki oleh individu ataupun kelompok untuk menilai apakah tindakan-tindakan yang telah dikerjakannya itu benar atau salah, baik atau buruk.
Menurut Dahlan (2011), etika merupakan prinsip dan nilai-nilai yang menurut keyakinan seseorang atau masyarakat dapat diterima dan dilaksanakan secara benar dan layak. Dengan demikian, prinsip, dan nilai-nilai tersebut berkaitan dengan sikap yang benar dan  salah yang mereka yakini.
Berikut merupakan etika dalam menulis Blog
§  Menghargai dan menjungjung tinggi perlindungan hak kekayaan intelektual dengan menghindari plagiarism, pembajakan, dan selalu mencantumkan sumber setiap kali mengutip karya orang lain.
§  Tidak mengdiskreditkan pihak lain dan selalu berkomitmen untuk menulis secara proposional
§  Tidak menampilkan tulisan atau gambar yang mengandung unsur pornografi
§  Selalu berbagi pengetahuan dan kebaikan melalui blog masing-masing
§  Tidak berprasangka dan hanya menulis berdasarkan fakta yang diyakini bisa dibuktikan serta tetap dengan menjunjung tinggi etika kesopanan dalam menulis
§  Tidak melakukan spamming melalui kolom komentar
§  Tetap menjaga kesopanan dan rasa saling menghormati dalam memberikan komentar pada blog yang dikunjungi.
§  Tidak melakukan hack pada website atau blog lain.
§  Tidak menampilkan tulisan atau gambar yang mengandung unsur SARA
§  Menggunakan bahasa yang baik dalam menulis
§  Tetap menjunjung tinggi kebebasan berekspresi dalam menulis tetapi tidak melanggar hak-hak orang lain.
§  Bersedia meralat informasi yang telah ditulis dalam blog jika di kemudia hari terdapat kesalahan dalam memuat tulisan diblog.


Daftar Pustaka

Dahlan, Abdul C.(2011). Hukum, profesi jurnalistik dan etika media massa. Jurnal Hukum. Vol XXV, no.1.
Isnanto, R. (2009). Buku ajar etika profesi.fakultas teknik: Universitas Diponegoro
Sumadiria, Haris. (2004). Menulis Artikel dan Tajuk Rencana: Panduan Penulisan & Jurnalis Proisional. Bandung: Simbiosa Rektema Media.
Suryono, IAS. (2009). Plagiarisme dalam penulisan artikel ilmish.Jakarta: PT Bina Pustaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar