http://kupaslagu.wapka.mobi/site_download.xhtml?cmid=31010468?get-title=Flashlight

Sabtu, 21 Desember 2013

#PTI - Pengaruh Teknologi Terhadap Prestasi Akademik



Dari tahun ke tahun perkembangan teknologi semakin  meluas salah satunya adalah internet, kita dapat mengakses internet kapan dan dimana saja bahkan sekarang anak kecilpun sudah bisa mengakses internet. Lebih dari 95% anak anak telah mengakses intrnet. Banyak anak mengakses internet baik di sekolah, rumah atau perpustakaan. survei dari beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa sampai satu - setengah dari anak-anak menghabiskan lebih dari satu jam di Internet per hari . Selain itu , anak-anak mengakses Internet dari usia yang sangat dini.  inilah salah satu faktor yang mempengaruhi proses belajar anak. 
Dampak negatif internet bagi anak anak :
1.       Mereka berfikir bahwa gambar dan video yang dilihat adalah normal sehingga anak anak cenderung meniru apa yang telah mereka lihat meskipun gambar dan video tersebut tidak layak mereka lihat.
2.       Anak anak cenderung malas belajar karna mereka lebih memilih membuka internet atau game online
3.       Susah beradaptasi karna mereka hanya beradaptasi dengan sosial media
4.       Kehilangan kefokusan pada belajar karna terlalu sering mengakses internet
5.       Kemampuan kognitifnya lemah/ rendah karna jika ada tugas mereka lebih sering meniru atau memplagiat hasil orang lain.
Calvert menemukan bahwa anak-anak mulai mencari situs Web tanpa pengawasan orangtua di usia 4 tahun dan mengirim e -mail sendiri sebagai awal 3 tahun . Jelas , anak-anak tenggelam dalam lingkungan Internet dalam jumlah yang meningkat untuk meningkatkan panjang waktu .
Anak-anak terutama mengakses Internet melalui World Wide Web . anak-anak menggunakan Web untuk mengakses sumber daya informasi melalui pencarian web dan browsing
situs Web disukai, berkomunikasi menggunakan e -mail , instant messaging , dan diskusi ;
dan musik akses , video, dan permainan komputer. Anak-anak semuda kelas dua
memiliki alamat e - mail melalui kelas mereka. Account e -mail ini digunakan
sebagai bagian dari kurikulum seni bahasa untuk mengembangkan keterampilan membaca dan menulis dan sebagai bagian dari kurikulum studi sosial untuk berkomunikasi dengan anak-anak dari
budaya lain . Anak-anak kecil juga bisa memiliki account e -mail untuk berkomunikasi
dengan anggota keluarga . Anak-anak juga menggunakan pesan instan untuk berkomunikasi dengan
teman-teman , sering secara paralel dengan bermain game komputer atau melakukan pekerjaan rumah . Anak-anak paling sering berselancar di Web untuk game dan musik, tetapi mereka juga mencari informasi untuk laporan sekolah dan kepentingan pribadi.
Sumber daya anak-anak khusus ini Internet telah menjadi semakin populer -
antara orang tua dan pendidik , setidaknya - dan dipasarkan sebagai memberikan anak-anak
akses yang aman dan aman ke Internet . Sebagai contoh, meskipun banyak anak-anak menggunakan
2 Anak-anak dan Internet 39
Hotmail ( http://hotmail.com ) atau Yahoo ( http://mail.yahoo.com ) akun tersedia
untuk semua orang , khusus layanan e -mail anak-anak seperti KidMail ( http://kidmail .
net ) dan Surf Teman ( http://www.surfbuddies.com ) memberikan bebas spam , e -mail aman
untuk biaya yang kecil . Sumber daya ini memungkinkan orang tua untuk membatasi kontak e -mail anak-anak dan program secara otomatis fi lter keluar konten dipertanyakan dan spam. hampir
semua layanan e -mail lain memungkinkan setup lters fi tapi sumber daya childsafe
menarik bagi orang tua yang tidak merasa penyok memodifikasi preferensi Program kerahasiaan
dan pilihan .
Versi anak program pencarian juga menjadi populer . Yahooligans ( http://yahooligans.com ) dan Ask Jeeves for Kids ( http://www.ajkids.com/ ) adalah direktori pencarian dirancang spesifik Cally untuk anak-anak . Semua sumber daya yang dapat dicari atau diakses dari halaman rumah telah verifi ed sesuai untuk anak-anak oleh tim konsultan pendidikan . Direktori ini cukup terbatas, namun , dan tidak mencakup informasi tentang topik banyak anak-anak mungkin menyelidiki untuk sekolah atau kepentingan pribadi , seperti informasi khusus dinosaurus ditemukan di Kanada atau sumber daya adopsi untuk mencari biologis orang tua .
Banyak sumber hiburan telah dikembangkan spesifik Cally untuk anak-anak . sejumlah perusahaan media, seperti Public Broadcasting Corporation ( http://pbskids.org / ) , Warner Brothers ( misalnya , http://harrypotter.com ) , dan Scholastic ( misalnya , http://scholastic.com/kids/ ) telah mengembangkan informasi dan sumber daya untuk permainan penonton anak mereka . Sebagian besar sumber daya ini benar-benar mandiri dan tidak mengandung link off-site , termasuk mereka yang melakukan off-site link memberikan peringatan sebelum anak mengklik ke link off-site .
Akhirnya , akses internet anak-anak dapat dikontrol melalui penggunaan fi filtering
program , seperti Net Nanny ( http://netnanny.com/ ) atau Cyber ​​Sitter ( http://
www.cybersitter.com/ ) , dan browser anak-anak , seperti zExplorer ( http://www .
zxplorer.com / ) . Program-program komersial membatasi akses anak-anak ke Internet ,
fi spam yang filtering , iklan , dan konten ditentukan tidak pantas untuk anak-anak .
Karena memang sulit untuk memperkirakan defi spam yang ne dan konten yang tidak pantas , program ini selalu memberikan akses yang sangat terbatas ke Internet .
Meskipun sumber daya berorientasi anak internet meningkat dalam
jumlah dan popularitas , mengingat sifat terorganisir dan tidak diatur dari
Internet , mereka tidak sangat mudah dan anak-anak masih dapat terkena secara tidak sengaja
untuk konten yang dilarang . Juga, sebagian besar sumber daya ini terlalu ketat ;
misalnya , karena " dewasa " isi dari beberapa artikel ensiklopedia ,
anak-anak tidak dapat mengakses sumber daya seperti di mana-mana sebagai Kitab Dunia
Encyclopedia melalui banyak sumber daya . Akhirnya , dan mungkin yang paling penting ,
secara pasif membatasi akses anak terhadap informasi yang mungkin pantas
dan sumber daya di Internet , anak-anak tidak dapat belajar secara aktif menilai dan
mengevaluasi informasi Internet .

SUMBER :
Gackenbach,J.(2006).Psychology and the Internet.37-54.
Smith,G.S., (1963). “How To Protect Your children on the Internet”. The Good, the Bad, and the Ugly. 101-105.
Wallace,P.(1999).The Psychology of the Internet.157-169.